Rabu, 14 Oktober 2015

Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Secara Alami

Cara mengobati sariawan pada anak secara alamiSelamat pagi bunda semua ketemu lagi dengan admin yang kalia ini akan mengulas tentang masalah kesehtan pada anak yang setiap hari mungkin akan terjadi pada kita semua para bunda yang lagi mempunyai anak balita, eits jangan khawatir gak pakek mahal kok cukup degan bahan alami yang sngat mudah untuk kita temui di sekitar tempat tinggal kita semua.

Cara mengobati sariawan pada anak secara alami
Cara mengobati sariawan pada anak secara alami 

Kali ini admin akan megulas tentang sariawan, mendengar kata sariawan saja sudah sangat tidak nyaman dan sudah ngilu. Bagaimana tidak kita saja yang sudah besar apabila sariawan datang pastinya sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu pola makan kita, apalagi sariawan itu terjadi pada buah hati kita tercinta

Banyak para bunda yang mengeluh kalau anaknya lagi sriawan pasti rewel nggak mau makan, panas, dan serba salah dech pokoknya kalau sedang beraktifitas apapun, tapi jangan kuatir bunda yukk kita cari tahu apa penyebab dan admin akan kasih tau obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada anak.
Penyebabnya yaitu :

1. Daya tahan tubuh yang menurun

Daya tahan tubuh yang menurun bisa menyebabkan sariawan pada anak dengan mudah. Turunnya daya tahan tubuh ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu faktor cuaca, anak sedang sakit, makanan yang dikonsumsi kurang bernutrisi, serta pola makan yang tidak teratur. Meningkatkan daya tahan tubuh anak akan sangat membantu penyembuhan sariawannya. Mengonsumsi cukup air putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan daun saga dan madu sebagai obat sariawan anak selain dapat mengatasi sariawannya secara langsung juga akan meningkatkan daya tahan, sehingga mempercepat penyembuhannya.

2. Kebersihan mulut yang kurang terjaga

Menjaga kebersihan mulut sangat penting. Mulut yang kurang terjaga akan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman. Selain dapat merusak gigi, kuman bakteri ini juga akan menyebabkan sariawan jika terus dibiarkan begitu saja, dan lagi jika kebetulan daya tahan tubuh sedang turun. Mengajarkan kebiasaan gosok gigi pada anak penting dilakukan sejak dini. Setelah bangun tidur, setelah makan dan juga sebelum tidur.

3. Kebiasaan jajan sembarangan

Kebiasaan jajan memang menyenangkan buat anak-anak, tapi jika tidak memperhatikan kebersihannya maka akan membuat sakit, yang umum biasanya sakit perut dan juga sariawan. Belum lagi untuk jangka panjang, karena jajanan jaman sekarang banyak yang asal menggunakan bahan pengawet berbahaya. Ajarkan anak untuk tidak jajan sembarangan, cukup di kantin sekolah yang lebih bersih.Cara mengobati sariawan pada anak secara alami 

4. Faktor makanan dan minuman

Faktor makanan memiliki peran penting sebagai penyebab dan pemicu sariawan. Makanan pedas dan panas ditengarai menjadi pemicu sakit ini. Hindari makan/minum panas, biarkan hingga hangat dulu baru dikonsumsi. Jika anak Anda suka makanan pedas, selama sariawan usahakan untuk tidak makan pedas dulu. Faktor berikutnya adalah alergi makanan. Hal ini berbeda-beda pada tiap anak, sebagai orang tua, Anda hendaknya memperhatikan hal ini dengan cermat.

Nahh bunda hal diataslah yang menyebabkan sariawan pada anak, etelah bunda tahu penyebabnya saya yakin bunda akan lebih perhatian lagi dengan anak anda dan lebih waspada lagi karna bunda pasti tidak mau kalau sang buah hati sering sariawan, setelah tadi penyebabnya yukk cari tahu obat alaminya.

Obat Alami untuk sariawan pada anak

a. Daun Saga dan Madu

Obat sariawan anak alami yang pertama adalah dengan cara menggunakan perasan daun saga. Caranya campurkan perasan daun saga tersebut dengan madu dengan takaran kurang lebih 1 sendok makan. Kemudian usahakan berikan ramuan tradisional tersebut kepada anak secara rutin setiap harinya sampai sembuh, atau kiranya sampai si anak kembali nyaman saat makan.

b. Air Kelapa

Mungkin anak Anda juga akan menyukai obat sariawan anak yang satu ini karena air kelapa rasanya juga cukup enak. Pada dasarnya sariawan juga bisa diakibatkan karena panas dalam. Nah, air kelapa ini memiliki efek mendinginkan, sehingga panas dalam pun bisa teratasi dan tentunya bisa menularkan efek positifnya pada sariawan yang diderita oleh si anak.

c. Pisang dan Madu

Selain menggunakan kombinasi antara perasan daun saga dan madu, ramuan atau obat sariawan anak 2 tahun yang lainya adalah dengan membuat pasta dari kombinasi antara buah pisang dan madu. Rasanya tentu tidak akan terlalu buruk, karena secara umum pisang punya rasa yang manis dan madu juga punya rasa yang manis. Cara pengobatannya adalah dengan mengoleskan pasta tersebut pada bagian yang sariawan untuk bisa menyembuhkan peradangannya.

Mengajarkan kepada anak untuk menjaga kebersihan diri terutama mulut sangatlah penting ya bunda karna dengan anak yang sehat pasti akan semangat untuk belajar dan pasti akan semangat juga dalam semua aktifitas sehari – harinya, semoga bermanfaat terimakasih telah berkunjung baca juga artikel kami tentang Cara Mengatasi gangguan pencernaan pada anak